Senin, 25 Mei 2015

Kreativitas



KREATIVITAS

Kreativitas merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk menemukan dan menciptakan suatu hal baru,cara baru,model baru,yang berguna bagi masyarakat.
Menurut para ahli :
1.      Barron
Kreativitas adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru. Sesuatu yangbaru disini bukan bearti harus sama sekali baru tetapi dapat juga sebagai kombinasi dari unsur-unsur yang telah ada sebelumnya.
2.      Utami munandar
Kreativitas adalah kemampuan yang mencerminkan kelancaran,keluwesan dan orisinalitas dalam berfikir serta kemampuan untuk mengelaborasi suatu gagasan.

Perkembangan kreatifitas
1.      Tahap sensor-motorik (0-2tahun)
Pada tahap ini belum memiliki kemampuan untuk mengembangkan kreativitasnya sebab pada tahap ini tindakan anak masih berupa tindakan fisik yang bersifat refleksif.
2.      Tahap praoperasional (2-7 tahun)
Pada tahap ini kemampuan kreativitas anak sudah mulai tumbuh karena anak sudah mulai mengembangkan memori dan telah memiliki kemampuan untuk memikirkan masa lalu dan masa yang akan datang meskipun dalam jangka waktu yang pendek.
3.      Tahap oprasional konkrit (7-11tahun)
Pada tahap ini, anak sudah mulai mampu untuk menampilkan operasi-operasi mental,mulai mampu berfikir logis dalam bentuk sederhana.
4.      Tahap operasional formal (11 tahun keatas)
Pada tahap ini seorang anak sudah disebut sebagai remaja. Seorang remaja sudah mampu melalukan kombinasi tindakan secara proposional berdasarkan pemikiran logis,remaja sudah menguasai bahasa abstrak.

Karakteristik kreativitas
1.      Diers
Mengemukakan bahwa karakteristik kreativitas :
·         Memiliki dorongan yang tinggi
·         Memiliki rasa ingin tahu yang besar
·         Penuh percaya diri
·         Toleran terhadap ambisius
2.      Utami munandar
Mengemukakan karakteristik kreativitas antara lain :
·         Senang mencari pengalaman baru
·         Memiliki inisiatif
·         Selalu ingin tahu
·         Mempunyai rasa humor
·         Berwawasan masa depan dan penuh imajinasi

3.      Clark
Mengemukakakn karakteristik kreativitas sebagai berikut:
·         Memiliki disiplin diri yang tinggi
·         Senang berpetualang
·         Memiliki wawasan yang luas
·         Sensitif terhadap lingkungan

Upaya membantu mengembangkan kreativitas dan implikasinya dalam pendidikan
1.      Torrance
Menanamkan relasi bantuan dengan istilah “creative relationship” yang memiliki karakteristik sebagai berikut:
·         Pembimbing berusaha memahami pikiran dan perasaan anak
·         Pebimbing mendorong anak untuk mengungkapkan gagasannya tanpa mengalami hambatan
·         Pebimbing lebih menekan pada proses daripada hasil hingga pebimbing dituntut untuk mampu memandang permasalahan anak
·         Pebimbing tidak memaksakan pendapat,pandangan atau nilai nilai tertentu pada anak.
2.      Dedi supriadi
Mengemukakan sejumlah bantuan yang dapat digunakan untuk membimbing perkembangan anak-anak kreatif,yaitu:
·         Menciptakan rasa amankepada anak untuk mengekpresikan kreativitasnya
·         Mengakui dan menghargai gagasan anak
·         Menjadi pendorong bagi anak untuk mengkombinasikan dan mewujudkan gagasan-gagasannya
·         Memberikan peluang  untuk mengkomunikasikan gagasan-gagasannya
·         Memberikan informasi mengenai peluang yang tersedia.

Sumber Foto : www.google.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar