KREATIVITAS
Kreativitas merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk menemukan dan menciptakan suatu hal baru,cara baru,model baru,yang berguna bagi masyarakat.
Kreativitas merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk menemukan dan menciptakan suatu hal baru,cara baru,model baru,yang berguna bagi masyarakat.
Menurut para ahli :
1.
Barron
Kreativitas adalah kemampuan untuk
menciptakan sesuatu yang baru. Sesuatu yangbaru disini bukan bearti harus sama
sekali baru tetapi dapat juga sebagai kombinasi dari unsur-unsur yang telah ada
sebelumnya.
2.
Utami munandar
Kreativitas adalah kemampuan yang
mencerminkan kelancaran,keluwesan dan orisinalitas dalam berfikir serta
kemampuan untuk mengelaborasi suatu gagasan.
Perkembangan kreatifitas
1.
Tahap sensor-motorik
(0-2tahun)
Pada tahap ini belum memiliki kemampuan untuk mengembangkan
kreativitasnya sebab pada tahap ini tindakan anak masih berupa tindakan fisik
yang bersifat refleksif.
2.
Tahap praoperasional (2-7
tahun)
Pada tahap ini kemampuan kreativitas anak sudah mulai tumbuh karena anak
sudah mulai mengembangkan memori dan telah memiliki kemampuan untuk memikirkan
masa lalu dan masa yang akan datang meskipun dalam jangka waktu yang pendek.
3.
Tahap oprasional konkrit
(7-11tahun)
Pada tahap ini, anak sudah mulai mampu untuk menampilkan operasi-operasi
mental,mulai mampu berfikir logis dalam bentuk sederhana.
4.
Tahap operasional formal
(11 tahun keatas)
Pada tahap ini seorang anak sudah disebut sebagai remaja. Seorang remaja
sudah mampu melalukan kombinasi tindakan secara proposional berdasarkan
pemikiran logis,remaja sudah menguasai bahasa abstrak.
Karakteristik kreativitas
1.
Diers
Mengemukakan bahwa karakteristik kreativitas :
·
Memiliki dorongan yang
tinggi
·
Memiliki rasa ingin tahu
yang besar
·
Penuh percaya diri
·
Toleran terhadap ambisius
2.
Utami munandar
Mengemukakan karakteristik kreativitas antara lain :
·
Senang mencari pengalaman
baru
·
Memiliki inisiatif
·
Selalu ingin tahu
·
Mempunyai rasa humor
·
Berwawasan masa depan dan
penuh imajinasi
3.
Clark
Mengemukakakn karakteristik kreativitas sebagai berikut:
·
Memiliki disiplin diri yang
tinggi
·
Senang berpetualang
·
Memiliki wawasan yang luas
·
Sensitif terhadap
lingkungan
Upaya membantu mengembangkan kreativitas dan implikasinya
dalam pendidikan
1.
Torrance
Menanamkan relasi bantuan dengan istilah
“creative relationship” yang memiliki karakteristik sebagai berikut:
·
Pembimbing berusaha
memahami pikiran dan perasaan anak
·
Pebimbing mendorong anak
untuk mengungkapkan gagasannya tanpa mengalami hambatan
·
Pebimbing lebih menekan
pada proses daripada hasil hingga pebimbing dituntut untuk mampu memandang
permasalahan anak
·
Pebimbing tidak memaksakan
pendapat,pandangan atau nilai nilai tertentu pada anak.
2.
Dedi supriadi
Mengemukakan sejumlah bantuan yang dapat
digunakan untuk membimbing perkembangan anak-anak kreatif,yaitu:
·
Menciptakan rasa amankepada
anak untuk mengekpresikan kreativitasnya
·
Mengakui dan menghargai
gagasan anak
·
Menjadi pendorong bagi anak
untuk mengkombinasikan dan mewujudkan gagasan-gagasannya
·
Memberikan peluang untuk mengkomunikasikan gagasan-gagasannya
·
Memberikan informasi
mengenai peluang yang tersedia.
Sumber Foto : www.google.co.id
Sumber Foto : www.google.co.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar